Monday, March 17, 2014

jangan ragu, ayo climbing

Rock Climbing atau panjat tebing merupakan salah satu jenis kegitan outdoor varian dari bidang mountaineering yang tergolong ekstrim. Mengapa dikatakan ekstrim? Coba saja anda bayangkan jika anda memanjat bidang vertikal lebih beberapa meter dari permukaan tanah. Bagaimana jika anda terjatuh? Bukankah taruhannya adalah nyawa?

pemandangan aktivitas pemanjatan


Tapi coba anda fikirkan manfaat dari olahraga ini. dari pengalaman pribadi saya, jika anda berkecimpung dalam kegiatan ini anda akan mendapatkan minimal tiga hal dari beberapa manfaat yang saya tulis dibawah ini.

1.     Sehat. Namanya juga olahraga, badan bergerak aktif, tenaga didayagunakan, keringat bercucuran. Efek samping jika anda sering melakukan climbing antara lain otot terbentuk dan stamina bertambah.
  • pemanjatan di tebing buatan untuk olahraga

2.       Fun. Climbing itu menyenangkan (yaiyalah, kalau tidak menyenangkan siapa yang mau climbing), anda bisa memacu adrenalin anda, bercengkrama dengan teman-teman sehobi, menghirup udara segar yang biasanya tidak kita dapat ketika menjalankan rutinitas, indahnya melihat pemadanga sekitar dari ketinggian (apa lagi saat matahari terbenam), atau merasakan sesuatu yang awesome ketika berhasil melewati tantangan. Jika anda melakukan climbing di tebing alam, anda juga bisa sekalian camping di bawahnya, tidak perlu di jabarkan lagi nikmatnya camping, kan?
  • panjat tebing menyenangkan
  • 3.      Style. Coba anda lihat style para climber ketika memanjat, asik bukan? Anda terlihat gagah seperti pemberani yang perkasa dengan alat-alat panjat tergantung di pinggang.





    Hahaha, pasti anda bertanya kenapa manfaatnya hanya tiga, tidak sinkron dengan kalimat di atasnya, ya kan? Itu karena manfaatnya sangat banyak, hingga saya sulit menjabarkannya. Kebanyakan manfaat yang lain turunan dari tiga manfaat diatas seperti fresh, latihan kerja sama, latihan saling percaya, ilmu tali menali, mengatasi rasa takut, dan masih banyak lagi manfaat yang lain.

    Jadi apa alasan anda tidak mencoba olahraga climbing? Takut? Apa yang anda takutkan? Resiko jatuh? Takut tidak bisa naik? Susah?

    Resiko-resiko dari panjat tebing memang tidak bisa dihilangkan total, namun masih bisa kita minimalisir. Hal yang utama dalam panjat tebing adalah faktor keselamatan. Semua peralatan panjat tebing didesain untuk bagaimana meminimalisir resiko kecelakaan dan memudahkan. Untuk teknik memanjat, jika anda merupakan pemula, anda haruslah bertanya kepada yang lebih senior atau mencari literatur terkait (di situs youtube sudah banyak tutorial yang beredar). Memang benar, tekhnik memanjat agak sulit. Tapi namanya juga belajar, pasti harus ada proses.


    Jadi tunggu apa lagi? Ayo kita climbing. 

    No comments:

    Post a Comment