Thursday, January 19, 2012

cara mengatasi galau ala Muronialism

"Galau", menjadi kata yang sudah lazim dikatakan anak muda jaman sekarang ini (walaupun berkesan ababil). Rasanya kata tersebut mengena untuk menggambarkan sebuah kondisi dimanakeadaan psikologis sedang bimbang. Tapi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, galau memiliki arti sebuah kondisi bimbang, berat otak (wow), kalut, bingung, ataupun nanar (beda tipis lah). Entah siapa yang mempopulerkan istilah galau hingga booming seperti sekarang ini. 


Menurut analisa pak Mario Teguh, galau terjadi karena ketidakpastian tentang apa yang sedang atau akan terjadi. Hal tersebut menimbulkan sebuah ketakutan jika nanti harapan yang kita miliki tidak sesuai dengan kenyataan. ketakutan tersebut berimbas pada berkurangnya gairah hidup kita (singkat atau lama). Efek yang ditimbulkan adalah rasa cemas yang berlebih, tidak semangat, sampai menangispun bisa terjadi akibat galau. 


Galau tentu tidak datang dengan sendirinya. Salah satu penyebab galau yang paling kuat adalah masalah cinta (ceileeeh). Masalah ini sangat berpotensial karena bersentuhan langsung dengan hakikat manusia yang membutuhkan kasih sayang dari sesamanya. Masalah yang lainnya seperti karir, keluarga, dan kuliah misalnya berada di belakang permasalahan cinta. 

Dalam tulisan kali ini penulis tidak akan panjang lebar menjelaskan makna ataupun penyebab dari galau. Melalui tulisan ini penulis ingin membantu para galauers (kikikikik) sekalian dengan menjabarkan trik-trik mengusir atau mengatasi kegalauan. Ini dia.

1. jauhi tempat sepi dan hindari melamun
Tempat sepi memberikan kesempatan yang luas untuk memikirkan hal-hal yang tidak jelas (ngalor ngidul), termasuk permasalahan-permasalahan yang menyebabkan timbulnya kegalauan. Di tempat sepi juga banyak terdapat makhluk-makhluk tak kasat mata yang sewaktu-waktu bisa membisikkan hal-hal bodoh untuk mengatasi kegalauan seperti mengiris tangan dengan silet, membuat simpul jerat dan di gantung di langit-langit, merencanakan paralayang dengan tangan kosong, dan lain sebagainya.

2. sibukkan diri anda dengan hal-hal yang berguna.
Kesibukkan membuat anda tidak punya waktu untuk memikirkan masalah percintaan anda yang morat-marit. Anda akan menjadi fokus dengan apa yang anda kerjakan dan kelelahan akan memudahkan anda untuk istirahat dengan tenang. tapi jangan sibukkan diri anda dengan hal-hal yang malah akan membuat anda semakin galau seperti melukis wajah si dia yang telah menghianati anda, menempelkan foto-foto kekasih yang tak kunjung diraih, mengerjakan tugas-tugas kuliah sang pujaan hati yang ternyata tidak putus-putus dengan pacarnya, wisata kuliner ke tempat yang bersejarah bagi kamu dan mantanmu, dan lain-lain.

3. bergaulah dengan teman-teman baru.
apa yang anda lakukan ketika warung tegal kesayangan anda tutup, sementara anda belum makan dari pagi? Jika anda mengaku manusia biasa, maka anda akan mencari tempat makan lainnya demi menghilangkan rasa lapar anda (kecuali jika hanya warteg tersebut yang bisa anda hutangi). Begitu juga masalah galau cinta. Tai kucing jika seseorang mengaku baik-baik saja ketika orang yang dicintainya minggat sementara orang tersebut belum punya penggantinya. Putus cinta harus diganti dengan cinta lain (kata babe gue). Melalui pergaulan baru itulah anda bisa berkenalan dengan orang-orang baru yang siapa tahu menjadi tambatan hati anda kelak.

4. selesaikan masalah anda sesegera mungkin
Bagi anda yang galau akibat dari masalah yang menggantung seperti misteri apakah doi juga suka sama anda,  siapa yang anda pilih sebagai pasangan anda di antara dua manusia (atau lebih), apakah bisa wisuda tahun ini, atau tanda tanya mengenai status kita dengan seseorang, jalan keluarnya adalah mencari dan membuat keputusan dan kepastian. Tanyakan apa yang seharusnya di tanyakan. Kerjakan jika itu membuat sebuah kepastian. Tanyakan hati nurani dan pertimbangkan dengan logika keputusan yang anda akan ambil. Jangan menuunggu sesuatu menjadi pasti, karena ketika waktu itu datang bisa jadi kita terlambat untuk membuatnya lebih baik.

5. kobam alias mabok
Penulis menyarankan hal ini khusus bagi mereka yang biasa minum alkohol. Berdasarkan beberapa pengalaman dari kelinci percobaan, cara ini ampuh untuk mengurangi efek galau. Karena dengan melakukan kobam, seseorang bisa mengeluarkan emosinya dengan leluasa tanpa ada batasan rasa malu dan ragu. Ingat, cara ini khusus untuk profesional.

6. memohon pada Tuhan 
Manusia boleh berusaha sampai jungkir balik untuk mendapatkan apa yang dia inginkan tapi Tuhan punya kuasa. Maka mohonlah yang terbaik dari Nya. Karena yang kita harapkan belum tentu yang terbaik bagi kita.

Demikian trik-trik yang bisa penulis berkan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan efek galau. semoga dapat membantu saudara-saudaraku yang dilanda rasa galau.








1 comment: